Hari-Hari Besar yang Dirayakan oleh Umat Islam di Seluruh Dunia

Setiap agama atau kepercayaan pastinya memiliki hari besarnya sendiri-sendiri, bukan? Hari besar tersebut terkait dengan peristiwa penting dalam agama mereka. Salah satunya adalah Agama Islam. Islam merupakan agama mayoritas penduduk di Indonesia. Dianut oleh sekitar 87%-an masyarakatnya atau jumlahnya sekitar 230-an juta penduduk. Islam sendiri memiliki banyak hari besar yang dirayakan setiap tahunnya. Ini dia beberapa hari besar dalam agama Islam :

Tahun Baru Hijriah

Merupakan salah satu hari besar Islam yang dirayakan oleh semua umat muslim di dunia, tak terkecuali Indonesia.  Sistem penanggalan tahun Islam sendiri didasarkan pada revolusi bulan terhadap bumi dan matahari. Karena itulah, kalender hijriah kerap disebut sebagai kalender bulan atau kalender Qomariah.

Dalam kalender hijriah ini, durasi 1 tahun dihitung berdasarkan 12 siklus sinodis bulan atau 12 fase ketiga hilal bulan mulai tampak. Untuk sistemnya sendiri, dimulai dari Ahad hingga Sabtu. Diawali dengan Bulan Muharram hingga Zulhijah.

Penetapan Kalender Hijriah sendiri pada awalnya dilakukan pada masa Khalifah Umar bin Khattab atau tepat 17 tahun setelah Rasulullah SAW hijrah dari Kota Mekah ke Madinah. Permulaan tahun dimulai pada masa hijrahnya Rasulullah SAW. Sementara itu, permulaan tahunnya didasarkan pada sistem yang telah digunakan oleh masyarakat Arab menurut perhitungan Qomariah. Yakni saat Bulan Muharram.

Saat ini, umat muslim telah memasuki tahun 1443 Hijriah. Di 2022 sendiri, tahun baru Hijriah (1 Muharram 1444) akan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.

Isra’ Mi’raj

Dalam Bahasa Arab, kata “Isra” sendiri memiliki makna perjalanan malam hari. Sedangkan, kata “Mi’raj” bermakna kenaikan. Isra Mi’raj sendiri merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian menuju ke Sidratul Muntaha.

Bagi umat muslim, peristiwa Isra Mi’raj ini merupakan peristiwa agung yang sangat penting. Dalam perjalanan Isra Mi’Raj ini Nabi Muhammad menuju ke langit ketujuh untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT. Peristiwa penting ini terjadi pada suatu malam di tanggal 27 Rajab.

Sebenarnya, Isra dan Miraj sendiri merupakan dua peristiwa berbeda. Namun, karena kedua peristiwa tersebut terjadi secara bersamaan maka akhirnya disebut sebagai Isra Mi’raj. Isra adalah peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju ke Masjidil Aqsa yang ada di Yerusalem. Mi’raj sendiri merupakan perjalanan Nabi Muhammad menuju ke Sidratul Muntaha yang merupakan langit ketujuh. Kedua perjalanan tersebut ditempuh dalam waktu semalam.

Peristiwa ini disebut sebagai titik awal diwajibkannya shalat 5 waktu bagi seluruh umat muslim. Para ulama pun sepakat bahwa Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-8 kenabian Nabi Muhammad SAW. Karena itulah tanggal 27 Rajab diperingati sebagai hari Isra Mi’raj. Di tahun 2022 ini, hari besar Agama Islam Isra Mi’raj terjadi pada tanggal 28 Februari 2022.

Maulid Nabi

Hari besar agama Islam yang selanjutnya adalah Maulid Nabi. Maulid Nabi sendiri merupakan peringatan hari kelahiran Rasulullah SAW yang bertepatan pada tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah dalam Kalender Hijriah.

Seperti yang dilansir dari detik.com, tahun gajah sendiri terjadi pada sekitar 53 tahun lalu sebelum Hijriah (-53). Apabila dikonversi dalam penanggalan Masehi. Maka, Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 5 Mei 570.

Maulid Nabi ini selalu dirayakan oleh setiap umat muslim di dunia setiap tahunnya. Nah, di tahun 2022 ini Maulid Nabi akan dimulai pada Malam Jumat, 7 Oktober hingga malam Sabtu, 8 Oktober 2022.

Idul Adha

Hari besar Agama Islam yang selanjutnya adalah Idul Adha. Idul Adha sendiri merupakan salah satu tanggal penting dalam Kalender Islam. Puncaknya sendiri ditandai dengan ibadah Haji Mekkah di Arab Saudi.

Perayaan Hari Idul Adha sendiri ditujukan untuk memperingati kepatuhan Nabi Ibrahim AS terhadap perintah Allah. Saat itu, Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah untuk menyembelih anaknya (Nabi Ismail AS). Karena kepatuhan dan ketaatannya terhadap perintah Allah SWT, Nabi Ibrahim pun menjalankannya. Namun, pada saat itu Allah SWT menggantinya dengan seekor domba.

Karena itulah, Allah SWT kemudian memerintahkan seluruh umat muslim untuk menyembelih hewan kurban setiap tahunnya di hari Idul Adha. Idul Adha sendiri diperingati pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya. Di tahun 2022 ini, hari Idul Adha telah dilaksanakan pada Sabtu, 9 Juli hingga Minggu, 10 Juli 2022 kemarin.

Sebelum merayakan hari ini, umat muslim juga menjalankan puasa sunah yakni puasa Arafah atau Tarwiyah. Di hari Idul Adha sendiri, umat muslim juga akan menjalankan ibadah Sholat Idul Adha (Sholat Id). Setelah pelaksanaan sholat selesai. Kemudian, akan dilanjutkan dengan proses penyembelihan hewan kurban dan membagikannya pada masyarakat sekitar.

Idul Fitri

Hari besar Agama Islam kelima adalah Idul Fitri. Merupakan hari keagamaan Islam yang terbesar di Indonesia. Disebut juga sebagai hari raya Islam atau hari lebaran. Idul fitri merupakan hari kemenangan untuk seluruh umat muslim yang ada di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Sebelumnya, umat muslim akan menjalankan puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh. Selain berpuasa, di bulan Ramadhan umat muslim juga akan menjalankan sholat sunah tarawih secara berjamaah di masjid. Setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Akan dilaksanakannya ibadah sholat Id yang dilakukan secara berjamaah,

Momen hari raya sendiri kerap dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur atau keberhasilan umat muslim melawan hawa nafsu selama 1 bulan penuh. Momen ini juga menjadi hari besar Agama Islam yang paling ditunggu-tunggu.

Di hari raya lebaran ini, semua sanak, saudara, keluarga akan berkumpul, saling bermaaf-maafan, dan saling bersilaturahmi.

Nuzulul Qur’an

Hari besar agama Islam yang keenam adalah hari Nuzulul Qur’an. Merupakan peristiwa turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an merupakan kitab suci dalam Agama Islam yang dijadikan sebagai tuntutan dan pedoman bagi seluruh umat muslim di dunia.

Berdasarkan sejarah, Al-Qur’an tidak langsung turun sekaligus. Melainkan, turun secara bertahap dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Surat ini sendiri merupakan tanda awal kenabian Nabi Muhammad SAW.

Al-Qur’an sendiri pertama kali turun pada malam 17 Ramadhan 610 di Gua Hira. Karena itulah, Nuzulul Qur’an selalu diperingati pada tanggal 17 Ramadhan. Malam Nuzulul Qur’an sendiri disebut sebagai malam yang penuh berkah karena menjadi malam turunnya Al-Qur’an. Karena itulah, umat muslim selalu merayakan malam ini setiap tahunnya.

Nah, itulah beberapa hari besar Agama Islam yang dapat kita bahas kali ini. Hari-hari tersebut selalu dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.